Insatall Cisco Packet Treser di Linux Mint

Assalamualaikum wr.wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan menshering mengenai cara

INSTALL CISCO PACKET TRESER DI LINUX MINT


Pengertian


Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Latar Belakang


Pada saat saya melakukan Prakerin di BLC Telkom saya mendapat pelatihan di bidang Jaringan menggunakan Cisco,jadi itu mengharuskan saya melakukan instalasi simulator sebagai media latihan saya.

Maksud & Tujuan


Tujuannya adalah sebagai media belajar.

Hasil Yang Diiharapkan


Dapat mempermudah saya dalam belajar Cisco.

Alat & Bahan

1.PC
2.File Cisco Packet Treser (yang sudah di download)
3.Koneksi Internet

Waktu Pelaksanaan

Kurang lebih 10 menit tergantung pemahaman cara melakukan instalasi.

Proses Tahapan Pelaksanaan


Disini saya mengcopas gambar screenshot dari teman saya,karena saya lupa menscreenshot kegiatan saya di laptop ,jika ingintahu silahkan kujungi link di bawah ini.

Pertama,siapkan dulu file packet tracernya




 Lalu,esktrak menggunakan perintah "tar zxvf (nama file)"


 Masuklah ke direktori packet tracer dengan perintah "cd PacketTracer(versi)"kemudian tekan enter 



  
Eksekusi installer dengan perintah "./install" pada terminal


Tekan enter terus menerus hingga 100%


 Saat diminta persetujuan,tuliskan "Y" lalu enter



Tekan enter untuk mengintall pada direktori /opt/pt




 Tekan "Y" untuk membuat shortcut desktop Packet Tracer




Apabila tidak terjadi error maka instalasi telah berhasil di lakukan



Temuan Permasalahan


Pada saat install sudah selesai saya ingin membuka nya lewat terminal tapi tidak bisa ,lalu saya mencoba menginstallnya di OS saya yang satunya dan ternyata berhasil dan bisa di buka.

Kesimpulan


Sebelum mencoba peralatan yang asli maka kita juga bsia mencoba yang simulasi.


Refrensi


http://efendi-maulana.blogspot.co.id/2017/09/cara-menginstall-packet-tracer-di-linux.html

Wassalamualikum wr. wb.
Insatall Cisco Packet Treser di Linux Mint Insatall Cisco Packet Treser di Linux Mint Reviewed by Unknown on September 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.