Menginstal LAMP di Linux Mint 18.1/Linux Ubuntu 16.04x

Image result for install LAMP


Assalamualaikum wr. wb.


Pada kesempatan kali ini saya akan memsharing mengenai apa yang sudah saya perbuat pada Laptop saya yaitu

MENGINSTAL LAMP 

Pendahuluan

1.Pengertian

 LAMP stack adalah sekelompok perangkat lunak open source yang digunakan untuk server web,database server dan berjalan. akronim berdiri untuk Linux, Apache, MariaDB, dan PHP.

LAMP Server (Linux, Apache, MySQL, PHP (atau Perl) adalah salah satu yang paling penting server Anda mungkin pernah mengatur. Ini akan dengan senang hati melayani sampai dinamis, situs web database-driven. Sejak server LAMP ini yang mendasari pondasi Linux itu menikmati rock-solid kehandalan, keamanan, dan dapat diinstal pada semua jenis perangkat keras (dari yang old white-box Anda memiliki multi-CPU,sampai RAID-enabled rak server).

Karena OS sudah terinstal, semua kita harus install Apache, MySQL dan PHP. Jadi hanya ada tiga langkah utama untuk mengurus untuk mendapatkan server LAMP Anda dan berjalan.

2.Latar Belakang

Karena Laptop saya akan saya install WordPress yang merupakan aplikasi WebBased maka sebelum itu saya harus menginstal LAMP di leptop saya dulu sebagai localhost

3.Maksud & Tujuan

Agar bisa mengistall aplikasi web based di laptop saya 

4.Hasil Yang Diharapkan

 Lebih memahami tentang macam-macam fungsi server dan cara mengaplikasikannya dengan latihan yang rutin.

Alat & Bahan

1.Laptop
2.Koneksi Internet

Waktu Pelaksanaan

karena saya masih amatir dan masih banyak menemui kesalahan juga koneksi internet yang putus nyambung maka saya membutuhkan waktu setidaknya 1 jam lebih

Proses Tahapan Pelaksanaan

1.Buka terminal (CTRL+alt+T)
2.setelah anda buka terminal (sebelumnya anda sudah terkoneksi ke internet ), karena saya akan menginstall php7.1 maka sebelumnya saya akan menambahkan repositori melalui ppa untuk php7.1-nya, masukan perintah dibawah ini atau sesuai dengan gambar/screenshot dibawah ini

$sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php
3. Setelah anda tambahkan repositorinya, sekarang update linux anda dengan perintah dibawah ini atau sesuai dengan gambar dibawah ini

$sudo apt-get update
4. Setelah anda update anda juga harus menupgrade linux anda dengan perintah dibawah ini,

$sudo apt-get dist-upgrade
Install Apache2
5. Setelah upgrade selesai anda bisa mulai menginstall aplikasi pertama yaitu apache2.4 yaitu apliakasi yang kita gunakan sebagai aplikasi penyedia layanan http atau web server, masukan perintah dibawah ini untuk mengintall apache seperti gambar dibawah ini juga

$sudo apt-get install apache2
6.Restart apache dengan perintah berikut

        $service apache2 restart

7.jika installasi apache2 telah selesai maka silahkan anda coba buka melalui web browser dengan membuka alamat ke http://localhost , jika muncul seperti gambar dibawah ini menunjukan bahwa web server telah berjalan dengan baik






Install PHP 
8.Ketikan perintah  

       $apt-get install php7.1 php7.1-mysql php7.1-gd php5-json php7.1-mcrypt php5-xmlrpc php5-cli php7.1-intl php7.1-curl php-pear

Install MariaDB
9.Masukan perintah seperti berikut
    
       $apt-get install mariadb-server

10.Untuk mengamankan proses intallasi dan kesalahan saat login,ketikan perintah

       $mysql_secure_installation

       Ketikkan Password saat melakukan instalasi MariaDB
       Tekan Y kemudian Enter sampai prosess selesai.

Install PHPMyAdmin
11.Ketikan perintah

      $apt-get install phpmyadmin
 selanjutnya maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini tekan spasi pada saat ada di pilihan apache lalu setelah itu tekan enter , pastikan di apache2 kita sudah ada tanda bintang*

kemudian akan muncul pertanyaan untuk konfigurasi phpmyadmin agar mempercepat installasi tekan tab pilih no lalu tekan enter
setelah installasi selesai 100% maka anda dapat membuka phpmyadmin melalui web browser dengan menggunakan alamat ke http://localhost/phpmyadmin , maka akan muncul laman web seperti dibawah ini
anda dapat login menggunakan root dan password root yang tadi anda set pada saat menginstall MariaDB
tampilan setelah login,
12.

Permasalahan Yang Dihadapi

Tidak bisa masuk localhost/phpmyadmin/ seperti salah memasukan sandi padahal saya sudah memasukan sandi dengan benar
dan masalah saya teratasi dengan mengCoPas permasalahan yang saya hadapi ke Google dan akhirnya menemukan solusi.

Kesimpulan

Komponen sekecil apapun dapat membuat kerusakan ketika komponen tersebut tidak ada.

Refrensi

http://sidikblctelkomklaten.blogspot.co.id/2017/07/instalasi-server-pada-laptop-sendiri.html

https://ajikamaludin.blogspot.co.id/2017/03/menginstall-lamplinux-apache24.html

Wassalamualaikum wr.wb.
Menginstal LAMP di Linux Mint 18.1/Linux Ubuntu 16.04x Menginstal LAMP di Linux Mint 18.1/Linux Ubuntu 16.04x Reviewed by Unknown on September 18, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.