(Kelanjutan) Topologi Yang Harus Dikuasai Saat Prakerin Di BLC

Assalamualaikum wr. wb.

        Oke pada postingan saya kali ini ,saya akan melanjutkan postingan saya yang kemarin tentang Topologi Yang Harus dikuasai Saat Prakerin DI BLC.

PENDAHULUAN

        Topologi yang kemarin saya post adalah topologi yang wajib dipelajari dan dipahami oleh setiap siswa yang prakerin di BLC ,jadi topologi ini harus benar benar dikuasai setipa siswa ,bila tidak dikuasai dengan benar maka siswa tidak boleh lanjut ke tahap berikutnya..

1.Pengertian

        Topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi.

2.Latar Belakang

        Sebelum kita masuk dalam konfigurasi ataupun instalasi ada baiknya kita menguasai materi topologi ini, karena sebagai dasar kita untuk masuk ke tahap selanjutnya.

3.Maksud & Tujuan
        Untuk memperdalam ilmu tentang jaringan komputer, dimulai dari dasar nya dulu ,yaitu topologi internet.

4.Hasil Yang Diharapkan 

        Diharapkan semua siswa Prakerin BLC Telkom dapat terampil dalam bidang IT khususnya di bidang Networking

ALAT & BAHAN

1.Niat yang ikhlas
2.Tekat yang kuat
3.Mental
4.Sehat jasmani dan rohani

WAKTU PELAKSANAAN

        Untuk mempelajari materi tidak ada batasan waktu ,asal paham. Untuk mengevaluasi sekitar 5 s/d 10 menit.

TAHAPAN

Adapun tahap tahap memnguasainya adalah
  1. Pahami betul setiap komponen dalam topologi tersebut. Nah dalam topologi tersebut ada beberapa komponen yaitu ISP yang bertugas memberikan paket data untuk dapat dibagikan secara merata oleh router ke tujuan. Router bertugas membagi paket data dari ISP ketujuan dan melakukan proses yang disebut routing. HUB berfungsi menghubungkan beberapa pc/client menjadi satu yang kemudian akan disambungkan / dihubungkan ke Router. AP (Access Point) berfungsi merubah sinyal digital dari kabel yang tersambung ke router menjadi sinyal radio agar device lain yang menggunakan sinyal sebagai media transmisi dapat terhubung ke jaringan. PC sebagai client yang bertugas meminta data dari server. Server bertugas memberikan service kepada client dan sebagai database. Tower berfungsi menghubungkan jaringan satu kejaringan yang lain dalam lingkup jarak yang jauh.
    2. Bila sudah cukup menguasai topologi dtersebut maka langkah selanjutnya          adalah mengevaluasi hasil beajaar didepan siswa yang lain di depan.





HASIL YANG DIDAPATKAN

Mampu menguasai tentang topologi jaringan.

TEMUAN MASALAH

Mungkin agak sedikit gugup saat mengevaluasi hasil belajar di depan.

KESIMPULAN

Melatih keberanian dan mental.

REFRENSI

Google


sekian dari saya
wassalamualaikum wr. wb.
(Kelanjutan) Topologi Yang Harus Dikuasai Saat Prakerin Di BLC (Kelanjutan) Topologi Yang Harus Dikuasai Saat Prakerin Di BLC Reviewed by Unknown on Agustus 14, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.