Macam Macam Komponen Jaringan (Part 1)

Assalamualaikum wr. wb.


Pendahuluan

        Pada sebuah jaringan komputer tentu diperlukan komponen yang digunakan untuk membangun jaringan tersebut entah itu LAN, MAN, WAN dan lain sebagainya, disini saya akan memberi tahukan apa saja sih..komponen jaringan tersebut serta penjelasanya.
        Contoh jaringan yang akan saya berikan adalah jaringan LAN yang notabene nya lebih umum dikenali oleh siswa maupun orang awam yang baru belajar tentang jaringan karena jaringan ini sangat umum dijumpai di masyarakat ,juga karena jaringan ini lebih mudah untuk diimplementasikan di lapangan yang sebenarnya dari pada WAN ataupun MAN yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

1.Pengertian

        Jaringan komputer menurut Wikipedia adalah  jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasijaringan komputer.

2.Latar Belakang

        Bagi masyarakat awam dan siswa SMK kejuruan TKJ kelas X yang baru belajar Jaringan Komputer ,materi ini adalah materi yang tidak kalah penting sebagai dasar untuk mulai belajar tentang Jaringan Komputer.

3.Maksud & Tujuan

        Mengenal dan menjelaskan apa saja komponen Jaringan Komputer.

4.Hasil Yang Diharapkan

        Dapat mengetahui komponen Jaringan Komputer serta fungsinya dengan baik.

Alat & Bahan

Dalam membangun Jaringan diperlukan
1.PC/Komputer (tentu saja)
2.Network Interface Card / NIC (biasanya langsung terpasang pada PC)
3.Kabel UTP / kabel LAN (cross over & streight)
4.Router
5.Swith / Hub

Waktu Pelaksanaan

        Untuk membangun Jaringan Komputer ini relatif ,tergantung dari besar kecilnya jaringan yang dibuat atau seberapa mahir dan profesionalkah teknisi yang membangun jaringan tersebut. Biasanya untuk membangun sebuah warnet umumnya bisa memakan waktu sampai 1 bulan atau lebih.
        Untuk mempelajari setiap komponen jaringan ini tidak terlalu memakan waktu yang lama, tergantung seberapa seriuskah belajar.

Proses Tahapan pelaksanaan

Baik.. kita mulai dari...
KOMPUTER

        Komputer merupakan alat elektronik yang bertugas mengolah data sesuai dengan prosedurnya yang telah dirumuskan.
        Komputer disini dibagi menjadi 2 yaitu komputer client sebagai user atau pengguna yang memakai jaringan tersebut, dan komputer server sebagai komputer yang bertugas memberikan pelayanan kepada komputer client, tempat menyimpan database yang diperlukan kepada komputer client ,juga sebagai pengatur jaringan tersebut.
NIC

        Singkatan dari Network Interface card, yaitu sebuah kartu atau lebih tepatnya papan chip yang dipasang dikomputer untuk menghubungkan komputer dengan jaringan ,biasanya NIC ini suadah secara langsung dpasang di komputer saat komputer tersebut dirangkai di pabriknya seperti yang telah saya sebutkan diatas.
KABEL LAN

        Kabel yang dipakai adalah kabel UTP (Unshileded Twisted Pair),jadi berbeda dengan kabel yang digunakan untuk memasang instalasi dirumah rumah ,kabel ini dikususkan untuk menangani jaringan antar komputer ,mengirimkan paket data dan informasi yang dibutuhkan oleh salah satu client.
        Kabel ini dibagi menjadi dua yaitu Cross over dan Straight. Kabel straight dikususkan untuk menghubungkan 2 device defice yang berbeda contoh menghubungkan antara komputer dengan swicth ,menghubungkan swicth dengan router atau yang lain sebagainya.
        Sedangkan kabel cross over digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama contoh untuk menghubungkan 2 buah komputer ,2buah router ,2buah swicht dan lain sebagainya.
untuk lebih jelasnya lihat postingan saya tentang Kabel Straigh dan Cross over 
ROUTER

        Router adalah perangkat jaringan yang bertugas membagi paket data kepada komputer client dan kepada komponen jaringan lain yang memerlukan akses internet. Untuk lebih jelasnya klik disini
SWICTH & HUB.
(switch)

(hub)

        Sebenarnya swicth dengan hub memiliki fungsi yang sama yaitu menghubungkan beberapa komputer agar serhubung dalam satu jaringan tapi sebenarnya 2 perangkat ini berbeda ,perbedaanya yaitu
1.Bekerja pada OSI Layer yang berbeda
   Hub bekerja pada OSI layer pertama, yaitu layer physical atau lapisan fisik. Tidak berbeda          seperti kabel dan atau sinyal wifi, yang hanya menyalurkan data saja. Switch bekerja pada          lapisan kedua pada OSI Layer, yiaitu Data Link.
2.Kecepatan transfer data
   Karena switch menyeleksi terlebih dahulu mac address mana yang menjadi tujuan, maka hal      ini membuatnya mengirimkan data lebih cepat. Tidak seperti hub yang mengirim sinyal              secara menyebar/menyeluruh, tidak peduli perangkat mana yang menjadi tujuan data tersebut.
3.Keamanan Jaringan
   Ketika data yang dikirim oleh hub sampai pada tujuan, pasti data tersebut dalam kedaan utuh.    Namun, tidak dengan switch, data yang terkirim tersebut belum tentu utuh. Bukan karena          switch tidak mampu mengirim secara utuh. Melainkan setiap paket data yang dikirim oleh          switch pasti periksa terlebih dahulu untuk memastikan setiap data yang terkirim bersifat            aman. Jadi, untuk data yang dianggap mencurigakan tidak akan sampai pada komputer              tujuan.
4.Cara kerja
  Hub hanya menerima dan mengirimkan sinyal listrik melalui kabel yang tersambung                   sedangkan Swicth bekerja dengan memproses informasi pada data link berupa Mac address       dari setiap komputer yang tersambung ,jadi tidak hanya mengirim dan menerima sinyal saja.
5.Harga
   Swicth lebih malah dari hub.
Untuk info lebih jelasnya anda bisa mengunjungi 7 Perbedaan Antara Switch dan Hub - Pintar Komputer

        Sebenarnya masih ada lagi komponen jaringan lain yaitu Modem Bridge dan Access Point yang akan saya posting di lain kesempatan

Temuan permasalahan

        Mungkin bagi orang yang masih awam sedikit mengalami kesulitan untuk membedakan antara Switch dengan Hub karena kesamaan fungsi, kesulitan itu juga sempat saya alami.

Kesimpulan

        Telah mengetahui macam macam komponen jaringan komputer.

Refrensi


Wassalamualaikum wr. wb.
Macam Macam Komponen Jaringan (Part 1) Macam Macam Komponen Jaringan (Part 1) Reviewed by Unknown on Agustus 24, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.