Membuat FTP di Debian Server 8

Assalamualaikum wr.wb.

Hasil gambar untuk pengertian ftp

Pengertian

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTPadalah FTP Server dan FTP Client.

Maksud & Tujuan

Maksud saya melakukan perbuatan ini adalah untuk mengisi server dan Mendalami matari Debian Server di Ebook Debian Server versi BLC Telkom

Latar Belakang

Mendalami matari Debian Server di Ebook Debian Server versi BLC Telkom

Hasil Yang Diharapkan

Diharapkan antara PC Client dan Server dapat saling bertukar file atau antara Client to client
Alat & Bahan
Server Debian
Koneksi Internet

Waktu Pelaksanaan

Karena saya baru,saya membutuhkan waktu 8 s/d 10 menit
Proses Tahapan Pelaksanaan
1. Install aplikasi ftp di Debian Server ,disini saya menggunakan ProFTP


2.Tunggu sampai selesai lalu buka edit file di directory /etc/proftpd


3.Pada baris terakhir ketikan 
<Anonymous /home/aku/>  ("aku"disini adalah nama directory file yang akan digunakan sebagai ftp)
User aku
</Anonymous>


4.Setelah itu save dengan mengetikan perintah Ctrl+X lalu tekan Y lalu Enter


5.Ketikan perintah adduser untuk menambah user


Masukan password untuk user tersebut


7.cukup tekan enter saja



6.Coba dari Browser PC Client mengetikan ftp://ipdebian maka akan muncul seperti diatas 
7.FTP siap digunakan dengan mengisi User dan password

Kesimpulan 

Antar PC client dapaat saling bertukar data lewat protocol ftp

Refrensi

Ebook_Debiaan_Server_ver_BLC_Telkom


Wassalamualaikum wr.wb.













Membuat FTP di Debian Server 8 Membuat FTP di Debian Server 8 Reviewed by Unknown on Oktober 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.