VoIP?

Assalamualaikum wr.wb.
Image result for VoIP
Pada kesempatan kali ini saya mau bahas mengenai

VoIP

Pengertian

Apaitu VOIP? ,kependekan dari Voice over Internet Protocol. Yap ..VoIP adalah sebuah layanan  yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Latar Belakang

VoIP dapat digunakan sebagai alternativ telephone dalam berkomunikasi jarak jauh, tidak hanya dalam berupa suara saja namun dewasa ini sudah banyak dkembangkan VoIP yang daapat menampilkan percakapan berupa Video Call jadi sesama pengguna tidak hanya dapat berkomunikasi lewat suara saja namun juga bisa langsung bertatap muka.

Maksud & Tujuan

Mempermudah dalaam berkomunikasi dengan menggunakan akses internet yang tersedia. Apliksi yang menggunakan VoIP ini ada banyak diantaranya
Skype,WhatApp,Line video call,Briker,Zoiper,VoIP Rakyat (merupakan Implementasi Langsung yang dapat digunakan dilingkungan masyarakat)

Cara Kerja

Cara Kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.

Sekian saja ,maaf kalo ada tulisan yang salah
Wasslamualaikum wr.w
VoIP? VoIP? Reviewed by Unknown on Oktober 25, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.